Iran Mulai Proses Pengayaan Uranium



TRIBUNNEWS.COM - Badan Energi Atom Internasional (IAEA), mengungkapkan Iran tengah memulai proses pengayaan uranium di pembangkit Fordo dekat kota Qom di utara negeri itu.

Menurut Juru bicara IAEA, Gill Tudor, seperti dilansir oleh BBC, Selasa (10/1/2012), Iran tengah melakukan pengayaan uranium hingga 20%.

"Semua material nuklir di fasilitas itu berada di bawah pengawasan ketat IAEA," kata Tudor.

Sebelumnya, Iran bersikukuh pihaknya melakukan pengayaan uranium untuk memproduksi isotop untuk proses pengobatan kanker. Namun sejumlah analis menilai, pengayaan hingga 20% merupakan langkah awal untuk menjadikan uranium menjadi senjata.

Sementara itu, Pemerintah AS dan Eropa, yang selama ini paling 'gemes' dengan program nuklir Iran, terus berupaya mendesak Iran menghentikan program nuklirnya, atau akan mendapatkan sanksi lebih keras dari dunia internasional.

"Level pengayaan uranium Iran ini merupakan eskalasi lebih jauh Iran yang terus melanggar kewajiban nuklir mereka dengan mengembangkan program nuklir yang berbeda," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri AS, Victoria Nuland.

"Langkah Iran ini membuat kita tak memiliki pilihan lain selain memperkuat sanksi internasional dan mengadopsi langkah-langkah yang sudah ditetapkan," demikian pernyataan Kementerian Luar Negeri Prancis.

Iran mengatakan telah mengembangkan proyek pengayaan uranium ini dimulai pada 2007, namun IAEA meyakini fasilitas ini sudah mulai dibangun pada 2006.


View the original article here



Responses

0 Respones to "Iran Mulai Proses Pengayaan Uranium"

Post a Comment

 

Categories

Recent Comments

Popular Posts

Return to top of page Copyright © 2010 | Platinum Theme Converted into Blogger Template by HackTutors